Header Ads Widget

Adsterra

Kepala Desa dan BPD Tetapkan Hasil Pemutakhiran Data IDM

Kepala Desa dan BPD Tetapkan Hasil Pemutakhiran Data IDM

TANGKOLO – Pemerintah Desa Tangkolo bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) menggelar Musdesus Penetapan Hasil Pemutakhiran Data IDM berbasis SDGs. Acara berlangsung pada Selasa (30/04/2024) siang di Aula Balai Desa Tangkolo. Turut hadir dalam acara tersebut Ketua LPM, Tim Monitoring Kecamatan, TAPM Kabupaten dan Pendamping Lokal Desa.

Musyawarah Desa Khusus ini dilaksanakan dalam rangka menetapkan hasil pemutakhiran data IDM yang telah dilaksanakan dalam beberapa hari yang lalu. Kepala Desa, Ketua BPD dan Pendamping Lokal Desa didampingi oleh Tim Monitoring Kecamatan dan Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) Kabupaten menandatangani Berita Acara Penetapan Status Desa.


Indeks Desa Membangun (IDM) adalah indeks komposit yang terdiri dari tiga indikator utama, yaitu Indeks Ketahanan Sosial (IKS), Indeks Ketahanan Ekonomi (IKE) dan Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan (IKL). Tujuan utama dari IDM adalah untuk menilai tingkat kemajuan dan kemandirian Desa serta menyediakan data dan informasi yang mendasar dalam rangka pembangunan Desa.

Hasil dari pemutakhiran data, terdapat peningkatan yang signifikan pada beberapa indikator. Seperti peningkatan IKS dari 0,903 menjadi 0,909, IKE dari 0,717 menjadi 0,733 dan IKL dari 0,600 menjadi 0,867. Akumulasi dari peningkatan ini juga tercermin pada skor IDM secara keseluruhan yang naik dari 0,7398 menjadi 0,8362, menunjukkan peningkatan skor sebesar 0,0964. Data IDM tersebut menjadi salah satu dasar dalam penyusunan perencanaan Desa untuk tahun mendatang.

Penetapan status kemajuan dan kemandirian Desa ini nantinya akan ditetapkan melalui Keputusan Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sekjen Kementerian Desa. Status IDM Desa digunakan sebagai instrumen koordinasi Kementerian/ Lembaga, maupun antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa dalam melaksanakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa, serta secara khusus untuk kebutuhan pemetaan tipologi Desa dan penyusunan prioritas penggunaan Dana Desa.

Sebagai hasil akhir dari pemutakhiran data IDM ini, status Desa Tangkolo kini meningkat dari "Maju" menjadi Desa "Mandiri". Ini mencerminkan salah satu pencapaian yang signifikan dalam pembangunan dan kemandirian Desa. Hal ini menegaskan komitmen Pemerintah Desa Tangkolo dan BPD dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh.

Posting Komentar

0 Komentar

MGID

Keuangan

Pemerintahan