Header Ads Widget

Adsterra

Kemendagri Ganti Warna Seragam Linmas dari Hijau Jadi Abu-abu

Kemendagri Ganti Warna Seragam Linmas dari Hijau Jadi Abu-abu

JAKARTA - Satuan Tugas Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) atau yang dulu dikenal sebagai Hansip kini memiliki seragam baru. Warna seragam mereka tidak lagi hijau, melainkan abu-abu. Pernyataan tersebut disampaikan pada saat sosialisasi virtual bersama ribuan peserta dari Kasatpol PP, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa, Camat dan Lurah seluruh Indonesia.

Menurut Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Safrizal ZA, perubahan warna seragam Satlinmas bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan, pengawasan, estetika, motivasi, dan kewibawaan mereka dalam menjalankan tugas di lapangan.

"Melalui Permendagri ini diharapkan kedisiplinan, pengawasan, estetika, motivasi, kewibawaan serta keseragaman identitas bagi Satuan Tugas Perlindungan Masyarakat dalam rangka turut menyelenggarakan ketentraman, ketertiban umum dan pelindungan masyarakat (trantibumlinmas) terus meningkat dan diperkuat," tuturnya.

Safrizal juga mengatakan, selama ini belum ada regulasi yang mengatur terkait seragam dan atribut Satlinmas, sehingga menimbulkan ketidakseragaman dan kekosongan hukum. Oleh karena itu, Kemendagri menerbitkan Permendagri Nomor 11 Tahun 2023 tentang Sarana dan Prasarana bagi Satgas Linmas dan Satlinmas.

Baca juga :
Kebijakan Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2024

Permendagri tersebut mengatur secara spesifik tentang spesifikasi bahan, kode warna, dan standar model seragam Satlinmas. Permendagri tersebut juga mencabut Kepmendagri Nomor 36 Tahun 1979 tentang Pakaian Seragam dan Atribut Pertahanan Sipil (Hansip) yang sebelumnya mengatur pakaian hijau Satlinmas. Dalam Permendagri terbaru ini, ketentuan seragam satlinmas selain digunakan untuk melaksanakan tugas di lapangan juga digunakan untuk mengikuti upacara/kegiatan sejenis.

Satlinmas merupakan satuan tugas yang bertanggung jawab untuk turut menyelenggarakan ketentraman, ketertiban umum, dan pelindungan masyarakat (trantibumlinmas). Saat ini, terdapat sekitar 1,2 juta anggota Satlinmas yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dengan perubahan warna seragam ini, diharapkan Satlinmas dapat lebih profesional dan berwibawa dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Perubahan ini juga menunjukkan komitmen Kemendagri untuk terus meningkatkan kualitas dan kinerja Satlinmas sebagai bagian dari sistem pertahanan dan keamanan.

Posting Komentar

0 Komentar

MGID

Keuangan

Pemerintahan